#TRAVELNESS Pantai Kolbano, NTT

Kolbano tampaknya sudah menjadi primadona serta daya tarik utama untuk para pengunjung yang akan menyambangi Kota Kupang dan mengeksplorasi Pulau Timor. Pantai Kolbano yang dahulu sepi, tampaknya sudah tidak asing lagi terdengar dikalangan para pelancong, pasalnya keberadaan dari pantai ini telah diliput oleh banyak pengguna sosial media dan acara di stasiun televisi.
Terletak di Desa Kolbano, Kec. Kolbano, Kab. Timor Tengah Selatan (TTS), yaitu sekitar 135 kilometer dari Ibu Kota Kupang, dibutuhkan waktu 3 sampai 4 jam untuk sampai ke lokasi wisata cantik dan unik ini. Mengapa unik? karena di pantai ini bukan hamparan pasir hitam ataupun pasir putih, yang akan anda lihat adalah hamparan bebatuan kerikil berwarna-warni dan cantik.
Tidak hanya itu saja, keindahan dari Pantai Kolbano ini juga dilengkapi dengan adanya landmark yang berupa sebuah bebatuan raksasa yang menjadi ciri khas dari Pantai Kolbano ini, para penduduk lokal biasa menyebutnya batu besar tersebut dengan sebutan "Fatu Un". Sekilas batu Fatu Un ini seperti kepala singa bila dilihat dari sisi samping.

Suasana di Pantai Kolbano

Para pengunjung juga bisa menaiki batu tersebut untuk melihat panorama keindahan Pantai Kolbano dari ketinggian. Samudera Hindia yang ada dihadapan muka pantai dengan kombinasi warna birunya air laut dan hamburan bebatuan krikil warna-warni semakin menambah keindahan pantai ini.

Akses Menuju Lokasi ke Pantai Kolbano

Akses untuk menuju ke lokasi wisata ini dapat dibilang cukup sulit, pasalnya belum ada transportasi umum menuju ke pantai ini, namun tidak perlu khawatir, dikarenakan para pengunjung bisa menyewa kendaraan dari Kota Kupang. Untuk kondisi jalan menuju ke kawasan Kolbano cukup variatif, para pengunjung akan melewati jalan berkelok-kelok, tanjakan, dan turunan yang akan memacu adrenalin. Tetapi tenang saja karena disepanjang jalan yang dilewati para pengunjung juga akan disuguhkan dengan berbagai pemandangan serta panorama alam yang sangat beragam seperti, seperti sawah, ladang para penduduk desa sekitar, tebing-tebing yang menjulang gagah, hamparan perbukitan dan beberapa rumah adat khas setempat.

Setelah melewati jarak sekitar 135 kilometer dari Kota Kupang, para pengunjung akan sampai di pantai yang mempunyai bebatuan krikil berwana-warni di tepian pantainya yang akan membuat para pengunjung terpesona. Perpaduan antara keindahan warna birunya air laut dan hamparan bebatuan kerikil berwarna-warni sangat melengkapi panorama keindahan di Pantai Kolbano.

Harga Tiket Masuk ke Pantai Kolbano

Dengan biaya masuk sebesar Rp.2.000 sampai Rp.5.000 rupiah untuk yang membawa kendaraan, para pengunjung sudah bisa menikmati keindahan Pantai Kolbano. Tetapi sayangnya di Pantai Kolbano ini belum ada berbagai fasilitas umum apapun, hanya tersedia beberapa lopo-lopo, yaitu sejenis bale-bale atau gazebo yang bisa dipakai sebagai tempat beristirahat para pengunjung.

Fasilitas di Sekitar Pantai Kolbano

Bagi para pengunjung yang ingin berwisata ke Pantai Kolbano, disarankan untuk membawa bekal minuman dan makanan, dikarenakan di sekitar pantai ini masih sangat sepi serta jarang ada warung yang menjajakan minuman dan makanan ringan. Untuk anda yang ingin sekali mengeksplorasi pesona keindahan alam di Pulau Timor ini, Pantai ini bisa menjadi destinasi wisata anda yang sangat disayangkan jika dilewati. Atau bagi anda para pecinta bebatuan unik, tidak ada salahnya untuk membuktikan kecantikan hamparan kerikil berwarna-warni di Kolbano.

Comments